SURABAYA, XL menargetkan pertumbuhan pengguna BlackBerry sampai 125 persen hingga akhir 2009. Potensi bertumbuhnya pengguna BlackBerry masih cukup tinggi, mengi...
SURABAYA, XL menargetkan pertumbuhan pengguna BlackBerry sampai 125 persen hingga akhir 2009. Potensi bertumbuhnya pengguna BlackBerry masih cukup tinggi, mengingat teknologi yang ditawarkan belum tergantikan.
“Saat ini jumlah pengguna XL BlackBerry secara nasional baru 45.000-an. Akhir tahun, prediksinya bisa tembus sampai 100.000,” kata Handono Warih, BlackBerry and 3G Broadband Manager Enterprise and Carrier PT Excelcomindo Pratama Tbk dalam launching XLent BlackBerry Community, Sabtu (21/3).
Dari 45.000 pelanggan, 7.000 di antaranya berada di kawasan Indonesia Timur. Kemudahan layanan dan gengsi BlackBerry diyakini menjadi potensi tumbuh yang sangat pesat sampai beberapa bulan mendatang. Bahkan diprediksi akan terjadi peralihan besar-besaran sejumlah pengguna ponsel komunikator dan PDA ke pasar BlackBerry.
Optimisme ini juga didukung dengan peluncuran BlackBerry student di kelas low-end. “Kalau selama ini pengguna BlackBerry segmen menengah atas dengan harga Rp 7juta-8 juta, pertengahan 2009 akan diluncurkan BlackBerry student dengan harga di bawah Rp 3 juta,” katanya.
Total pengguna BlackBerry secara nasional saat ini hampir menembus angka 1 juta. Pada akhir 2009, diprediksi jumlahnya akan berlipat di kisaran 3,5-4,5 juta. “Sejauh ini kita masih menyasar segmen personal. Komposisi personal user sudah 80 persen dibandingkan corporate yang hanya 20 persen.
Untuk menembus segmen corporate saat ini rasanya susah sebab kompetitor lebih kuat,” imbuhnya.
Untuk menggenjot jumlah pengguna XL BlackBerry, pihaknya mengaku menerapkan empat strategi. “Kita melepas bisnis handset dengan alasan efisiensi,” katanya.
Kedua, fokus pada service. Setelah meluncurkan tarif harian giliran XL meluncurkan tarif bulanan. Penggunaan tarif berlangganan secara bulanan ini juga terus dioptimalkan. Komposisi pelanggan prabayar saat ini 25.000, masih lebih banyak dibandingkan pelanggan post-paid yang di kisaran 20.000.
Langkah ketiga, memaksimalkan layanan content virtual macam XL Mall untuk membangun komunitas. Keempat, managing community. “Kita perkuat XLent BlackBerry Community dalam web chat,” imbuhnya.
untuk lebih lengkap silahkan klik di sini
Penguna Blackberry XL optimis tumbuh 125%
- by Don Adi
- on Minggu, 29 Maret 2009
- bisnis
- Digg
- Del.icio.us
-
0 Comments so far »
Leave a comment